Pendidikan

Pengertian Baterai Nickel Metal Hidrida Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Baterai Nickel Metal Hidrida: Kelebihan dan Kekurangannya

Insiderock – Baterai nikel-logam hidrida adalah jenis baterai isi ulang yang biasa digunakan di banyak perangkat, seperti laptop, ponsel, camcorder, dan perangkat elektronik lainnya. Baterai Nickel Metal Hydride juga dikenal sebagai baterai NiMH atau Ni-MH.

Reaksi kimia sel NiMH pada elektroda positif mirip dengan sel nikel-kadmium (NiCd), keduanya menggunakan nikel oksida hidroksida (NiOOH). Namun, dalam sel NiMH, elektroda negatif menggunakan paduan penyerap hidrogen, bukan kadmium.

Baterai NiMH dapat memiliki kapasitas dua hingga tiga kali baterai NiCd dengan ukuran yang sama dan memiliki kerapatan energi yang jauh lebih tinggi, meskipun jauh lebih rendah daripada baterai lithium-ion.

Baterai NiMH umumnya digunakan sebagai pengganti baterai alkalin serupa yang tidak dapat diisi ulang karena baterai NiMH memiliki voltase sel yang sedikit lebih rendah tetapi umumnya kompatibel dan tidak mudah bocor dan meledak.

Kelebihan Baterai Nickel Metal Hidrida

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan baterai NiMH.

  • Kapasitas 1,30% lebih banyak dari baterai NiCd standar.
  • Kurang rentan terhadap efek memori dibandingkan baterai NiCd.
  • Siklus latihan berkala dilakukan lebih jarang.
  • Logam yang kurang beracun. Baterai NiMH saat ini diberi label ramah lingkungan.

Kekurangan Baterai Nickel Metal Hidrida

Berikut adalah beberapa kelemahan baterai NiMH.

  • Baterai NiMH dirancang hanya untuk 500 siklus pengisian/pengosongan.
  • Baterai NiMH menghasilkan lebih banyak panas selama pengisian dan memerlukan algoritme yang lebih kompleks untuk deteksi muatan penuh daripada baterai NiCd jika sensor suhu tidak tersedia. (Sebagian besar baterai NiMH memiliki sensor suhu internal untuk membantu mendeteksi saat terisi penuh.)
  • Baterai NiMH juga tidak dapat menerima pengisian secepat baterai NiCd, waktu pengisiannya bisa dua kali lipat dari baterai NiCd. Pengisian daya baterai NiMH juga harus dikontrol lebih hati-hati daripada baterai NiCd.
  • Arus pengosongan baterai NiMH yang disarankan jauh lebih rendah daripada baterai NiCd. Untuk hasil terbaik, pabrikan merekomendasikan arus pengisian daya 0,2C hingga 0,5C.
  • Baterai NiMH dan NiCd mengalami pelepasan sendiri yang parah. Baterai NiCd kehilangan sekitar 10% dari kapasitasnya dalam 24 jam pertama, setelah itu habis sekitar 10% per bulan.
  • Self-discharge baterai NiMH adalah satu setengah sampai dua kali baterai NiCd. Memilih bahan hidrida yang meningkatkan ikatan hidrogen untuk mengurangi pelepasan sendiri juga dapat mengurangi kapasitas baterai.

Perbandingan Baterai NiMh Vs NiCd Vs Li-Ion

Baterai NiMH menawarkan kapasitas lebih besar dari baterai NiCd dan kapasitas lebih kecil dari baterai Lithium Ion. Baterai NiMH hampir dua kali lebih berat dari baterai NiCd. Baterai NiMH juga tidak memiliki efek memori. Baterai NiMH adalah baterai suhu sedang yang baik. Itu dapat berjalan pada baterai NiMH biasanya antara -5 dan 95 derajat Fahrenheit tanpa masalah yang tidak diinginkan.

Baterai NiMH memiliki kualitas siklus dalam yang baik dan dapat menyimpan hampir dua kali kapasitas sel NiCd. Masa pakai baterai NiMH umumnya kurang dari NiCds, berkisar antara 500 hingga 800. Baterai NiMH sangat mirip dengan NiCds dalam hal karakteristik pengisian dan pengosongan, dan lebih aman daripada lithium-ion dengan pelarian termal.

Baterai NiMH lebih rentan terhadap sindrom sel lemah. Artinya, saat Anda mengisi baterai hingga habis dan kemudian menggunakannya, baterai akan langsung habis. Saat Anda mengujinya, Anda akan mendapatkan informasi yang menunjukkan bahwa baterai sudah terisi penuh. Ini karena beberapa atau semua sel tidak dapat lagi menangani daya. Baterai NiMH cenderung melakukan ini lebih dari jenis baterai lainnya.

Baterai NiMH relatif lebih aman daripada baterai lithium-ion. Memang, sel NiMH lebih terlindungi dari pelarian termal daripada lithium-ion, tetapi tidak sebaik NiCd. Baterai NiMH memiliki fitur keselamatan yang serupa dengan baterai NiCd, tetapi baterai NiMH lebih ramah lingkungan daripada baterai NiCd.

Sumber:

Kelas PLC

Alasan Mengapa Belajar Tidak Harus Di Sekolah

Alasan Mengapa Belajar Tidak Harus Di Sekolah

Insiderock – Halo, generasi penerus bangsa Indonesia! Generasi yang harus mengabadikan semua cita-cita para pendahulunya untuk memajukan Indonesia. Pemuda seperti kalian adalah ujung tombak yang bisa menjadi senjata dunia melawan keterbelakangan melalui pendidikan. Hal ini juga harus bersinergi dengan semboyan yang diberikan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara: Pendidikan bukan hanya berarti sekolah formal seperti SD, SMP, atau SMA lho. Pendidikan dapat mengambil berbagai bentuk. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, banyak alternatif jalur pendidikan yang sebenarnya bisa sama kualitasnya dengan sekolah formal. Apa yang ingin kamu ketahui? Mari kita lihat bersama!

Hari Pendidikan Nasional tidak dilepaskan dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Di bawah pimpinan tokoh ini, orang-orang Indonesia akhirnya bisa bermimpi mengenyam pendidikan tinggi.
Kita juga tahu bahwa di Indonesia, setiap warga negara harus menerima wajib belajar 12 tahun. Kenangan kecil, dulu anak-anak Indonesia sulit mengenyam pendidikan formal. Ketika zaman Belanda masih menguasai Indonesia, hanya anak-anak berdarah biru, yang juga dikenal sebagai bangsawan, yang boleh mengenyam pendidikan formal.

Oleh karena itu, Ki Hadjar Dewantara yang juga anak seorang bangsawan prihatin dengan kondisi ini hingga akhirnya mendirikan Institut Nasional Onderwijs Taman Siswa atau Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Inilah cikal bakal formula pendidikan Indonesia. dewasa ini. .

Fakta yang terjadi di Indonesia, tidak semua warga negara dapat bersekolah secara formal. Berbagai faktor, seperti kendala ekonomi, waktu, kesempatan, dan letak geografis, menghalangi seseorang untuk memperoleh pendidikan formal yang layak.

Nah, dari keempat faktor fundamental tersebut, ada jalur pendidikan alternatif sebagai penunjang ketimpangan pemerataan pendidikan di Indonesia. Mereka yang tidak dapat mengenyam pendidikan formal dapat mengikuti program pembelajaran Paket A sederajat SD, Paket B sederajat SMP dan Paket C sederajat SMP. Meski sistem pemagangan tidak sama dengan sekolah formal, namun derajat ketiga program pemagangan ini sama lho.

Meskipun merupakan program pembelajaran alternatif, namun kurikulum yang dilaksanakan oleh program pembelajaran Modul A, B dan C sama dengan kurikulum sekolah formal. Hanya saja program pembelajaran alternatif ini menawarkan ruang yang cukup luas karena waktu belajar lebih fleksibel dan Anda tidak terobsesi dengan jam belajar. Peserta program alternatif dapat memilih waktu dan lokasi studi sesuai dengan keinginannya.

Sistem dan metode pembelajaran untuk paket A, B dan C sama yaitu kegiatan pembelajaran akan berlangsung selama 2-3 jam selama 2-3 hari dalam seminggu. Untuk tempat pelaksanaannya, peserta dapat memilih seperti di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pusat Kegiatan Belajar (SKB), Kantor Organisasi Kemasyarakatan, Masjid, Gereja atau di rumahnya masing-masing khusus untuk peserta home school.

Mata pelajaran yang diterapkan sama seperti di sekolah formal. Perbedaannya, masing-masing penyedia layanan program pembelajaran alternatif memiliki program tambahannya sendiri. Ya, misalnya keahlian khusus dalam membangun robot, desain web, Photoshop atau Corel Draw. Siswa dapat memilih program pelengkap sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, sikap diskriminatif sering hadir, dan ini juga terjadi di bidang pendidikan. Program pembelajaran alternatif masih kurang diapresiasi oleh banyak pihak. Mereka menganggap pendidikan alternatif ini tidak layak bersaing dengan pendidikan formal yang sudah berlangsung lama. Selanjutnya, relevansi modul pembelajaran dan tutor untuk program pembelajaran ini dipertanyakan. Selain itu, jam belajar dianggap terlalu pendek, sehingga peserta yang mengikuti program ini dianggap tidak kompetitif.

Jika kita mau berpikir dengan bijak, tidak ada bentuk dan tidak ada jalur pendidikan akan menjadi masalah. Kita harus memiliki asumsi yang dapat menopang pola pikir bahwa siswa di sekolah formal belum tentu lebih baik dan berdaya saing tinggi dibandingkan siswa di program pembelajaran alternatif. Dan sebaliknya. Terserah masing-masing individu, mau berkembang atau tidak.

Nah, jika Anda ingin mengenyam pendidikan melalui jalur alternatif, sebaiknya cari dulu informasi detail tentang jasa penyedia program pembelajaran tutor alternatif dan berkualitas dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Sumber:

www.kelaselektronika.com

Pengertian Ilusi dan Bentuk Bentuknya

Pengertian Ilusi dan Bentuk Bentuknya

Insiderock – Imajinasi adalah gambaran (image) yang dihasilkan oleh otak. Istilah ini secara teknis digunakan dalam psikologi sebagai proses merekonstruksi persepsi suatu objek yang pertama kali diberi persepsi pikiran. Imajinasi secara umum adalah kekuatan atau proses menghasilkan gambaran mental dan ide-ide. Karena penggunaan istilah ini bertentangan dengan bahasa biasa, beberapa psikolog lebih suka menyebut proses ini sebagai “ilustrasi” atau “gambar” atau sebagai reproduksi “produktif” atau “konstruktif” melalui imajinasi.

 

Gambar dimaksudkan sebagai sesuatu yang dapat dilihat dari (mata batin). Salah satu hipotesis untuk evolusi imajinasi manusia adalah bahwa hal itu memungkinkan mereka masing-masing menjadi sadar untuk memecahkan masalah (dan karenanya meningkatkan sikap) menggunakan simulasi jiwa individu.

 

definisi ilusi

Ilusi adalah ilusi panca indera yang disebabkan oleh rangsangan sensorik yang disalahartikan. Dengan kata lain, ilusi adalah interpretasi yang salah dari stimulus untuk semua panca indera. Misalnya, seorang korban yang bersalah dapat menafsirkan gemerisik dedaunan sebagai suara yang datang ke arahnya. Ilusi sering terjadi ketika ada ketakutan yang luar biasa pada korban atau karena keracunan, yang disebabkan oleh racun, infeksi atau penggunaan narkotika dan zat adiktif.

 

bentuk ilusi

Ilusi datang dalam berbagai bentuk, yaitu:

 

Ilusi visual (penglihatan)

Ilusi visual didefinisikan sebagai koneksi terputus antara ilusi dan realitas fisik yang sebenarnya. Ketika kita mengalami ilusi visual, tampaknya kita melihat sesuatu selain keadaan realitas fisik. Hal ini disebabkan adanya citra (distorsi) yang menyesatkan dan menyesatkan dalam visi kita. Akibatnya, otak menerima informasi yang salah dan menyesatkan sehingga gambar yang terbentuk tidak sesuai dengan objek sebenarnya.

 

Contoh paling sederhana adalah ketika kita berkendara dan melihat benda bergerak. Pepohonan atau tanaman di pinggir jalan tampak surut o Ilusi terjadi ketika Anda melihat sendok bengkok, sendok itu tidak benar-benar bengkok, tetapi pesulap menipu kita untuk menunjukkan bahwa sendok itu bengkok. penting, cara menulis sumber dari internet

 

Ilusi akustik (pendengaran).

Ilusi akustik (pendengaran) sebagai pemutusan antara ilusi pendengaran dan realitas pendengaran nyata. Misalnya, ilusi pendengaran dapat terjadi ketika seseorang mendengar kata-kata dalam percakapan yang menyerupai nama mereka sendiri dan percaya bahwa mereka berbicara tentang diri mereka sendiri. Pada saat itu sulit untuk memastikan bahwa seseorang sedang menggambarkan ilusi atau apakah dia benar-benar mendengar suara-suara halusinasi yang berbicara tentang dirinya dan menghubungkannya dengan orang-orang nyata di lingkungannya.

 

Ilusi penciuman (bau)

Ilusi penciuman adalah bau selain bau asli.

 

Contoh: ketika Anda mencium bau parfum tetapi yang Anda rasakan bukanlah bau parfum itu tetapi bau kotorannya.

 

Mencicipi ilusi (mencicipi)

Ilusi rasa adalah rasa yang dianggap berbeda dari apa yang sebenarnya.

 

Contoh: Saat Anda mencicipi garam, rasanya manis, bukan asin.

 

Ilusi taktil (sentuhan)

Ilusi taktil adalah ilusi ketika sentuhan sesuatu berbeda dari yang sebenarnya.

 

Contoh: ketika Anda meletakkan tangan Anda di atas semut tetapi merasa bahwa itu bukan semut tetapi laba-laba.

 

jenis ilusi

Berikut ini adalah macam-macam ilusi, terdiri dari:

 

  1. Ilusi fisiologis

 

Seperti after-images atau kesan gambar yang terjadi setelah melihat cahaya yang sangat terang atau melihat pola gambar tertentu dalam waktu yang lama. Hal ini dianggap sebagai efek yang terjadi pada mata atau otak setelah menerima rangsangan tertentu atau lebih tepatnya rangsangan yang berlebihan.

 

  1. Ilusi kognitif

 

Ilusi kognitif harus terjadi karena pikiran mengambil sesuatu yang eksternal. Secara umum, ilusi kognitif dibagi menjadi ilusi ambigu, ilusi distorsi, paradoks, dan ilusi fiktif.

 

Ilusi ambigu adalah gambar atau objek yang dapat ditafsirkan secara berbeda.

Beberapa contohnya adalah: kubus Necker dan vas Rubin.

 

Ilusi distorsi, ada distorsi ukuran, panjang atau sifat kurva (kurva lurus).

Beberapa contohnya adalah: ilusi dinding kopi dan ilusi Mueller-Lyer.

 

Ilusi paradoks, yang disebabkan oleh objek paradoks atau tidak mungkin, misalnya segitiga Penrose atau ‘tangga yang tidak mungkin’, seperti yang ditunjukkan oleh grafik MC Escher berjudul “Naik turun” dan “Niagara”.

Ilusi fiktif, didefinisikan sebagai persepsi objek yang sama sekali berbeda untuk satu orang tetapi tidak untuk orang lain, yang disebabkan oleh skizofrenia atau halusinogen. Ini lebih tepatnya dikenal sebagai halusinasi.

  1. Imajinasi dan kenyataan

 

Terkadang persepsi sering salah dalam memahami arti dari imajinasi. Pada kenyataannya, imajinasi adalah rasa bekerja dalam mengembangkan ide-ide yang lebih besar dari apa yang telah dilihat, didengar dan dirasakan. Dengan imajinasi, manusia dapat mengembangkan apa saja dari kesederhanaan menjadi nilai lebih dalam pikiran. Anda dapat mengembangkan sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan Yang Mahakuasa dalam pikiran Anda. Untuk tujuan mengembangkan hal-hal yang lebih berharga dalam bentuk benda, atau hanya memikirkan apa yang terlintas dalam pikiran. Alfan Arrasuli (2001).