Pengertian Baterai Nickel Metal Hidrida Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Baterai Nickel Metal Hidrida: Kelebihan dan Kekurangannya

Insiderock –┬áBaterai nikel-logam hidrida adalah jenis baterai isi ulang yang biasa digunakan di banyak perangkat, seperti laptop, ponsel, camcorder, dan perangkat elektronik lainnya. Baterai Nickel Metal Hydride juga dikenal sebagai baterai NiMH atau Ni-MH.

Reaksi kimia sel NiMH pada elektroda positif mirip dengan sel nikel-kadmium (NiCd), keduanya menggunakan nikel oksida hidroksida (NiOOH). Namun, dalam sel NiMH, elektroda negatif menggunakan paduan penyerap hidrogen, bukan kadmium.

Baterai NiMH dapat memiliki kapasitas dua hingga tiga kali baterai NiCd dengan ukuran yang sama dan memiliki kerapatan energi yang jauh lebih tinggi, meskipun jauh lebih rendah daripada baterai lithium-ion.

Baterai NiMH umumnya digunakan sebagai pengganti baterai alkalin serupa yang tidak dapat diisi ulang karena baterai NiMH memiliki voltase sel yang sedikit lebih rendah tetapi umumnya kompatibel dan tidak mudah bocor dan meledak.

Kelebihan Baterai Nickel Metal Hidrida

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan baterai NiMH.

  • Kapasitas 1,30% lebih banyak dari baterai NiCd standar.
  • Kurang rentan terhadap efek memori dibandingkan baterai NiCd.
  • Siklus latihan berkala dilakukan lebih jarang.
  • Logam yang kurang beracun. Baterai NiMH saat ini diberi label ramah lingkungan.

Kekurangan Baterai Nickel Metal Hidrida

Berikut adalah beberapa kelemahan baterai NiMH.

  • Baterai NiMH dirancang hanya untuk 500 siklus pengisian/pengosongan.
  • Baterai NiMH menghasilkan lebih banyak panas selama pengisian dan memerlukan algoritme yang lebih kompleks untuk deteksi muatan penuh daripada baterai NiCd jika sensor suhu tidak tersedia. (Sebagian besar baterai NiMH memiliki sensor suhu internal untuk membantu mendeteksi saat terisi penuh.)
  • Baterai NiMH juga tidak dapat menerima pengisian secepat baterai NiCd, waktu pengisiannya bisa dua kali lipat dari baterai NiCd. Pengisian daya baterai NiMH juga harus dikontrol lebih hati-hati daripada baterai NiCd.
  • Arus pengosongan baterai NiMH yang disarankan jauh lebih rendah daripada baterai NiCd. Untuk hasil terbaik, pabrikan merekomendasikan arus pengisian daya 0,2C hingga 0,5C.
  • Baterai NiMH dan NiCd mengalami pelepasan sendiri yang parah. Baterai NiCd kehilangan sekitar 10% dari kapasitasnya dalam 24 jam pertama, setelah itu habis sekitar 10% per bulan.
  • Self-discharge baterai NiMH adalah satu setengah sampai dua kali baterai NiCd. Memilih bahan hidrida yang meningkatkan ikatan hidrogen untuk mengurangi pelepasan sendiri juga dapat mengurangi kapasitas baterai.

Perbandingan Baterai NiMh Vs NiCd Vs Li-Ion

Baterai NiMH menawarkan kapasitas lebih besar dari baterai NiCd dan kapasitas lebih kecil dari baterai Lithium Ion. Baterai NiMH hampir dua kali lebih berat dari baterai NiCd. Baterai NiMH juga tidak memiliki efek memori. Baterai NiMH adalah baterai suhu sedang yang baik. Itu dapat berjalan pada baterai NiMH biasanya antara -5 dan 95 derajat Fahrenheit tanpa masalah yang tidak diinginkan.

Baterai NiMH memiliki kualitas siklus dalam yang baik dan dapat menyimpan hampir dua kali kapasitas sel NiCd. Masa pakai baterai NiMH umumnya kurang dari NiCds, berkisar antara 500 hingga 800. Baterai NiMH sangat mirip dengan NiCds dalam hal karakteristik pengisian dan pengosongan, dan lebih aman daripada lithium-ion dengan pelarian termal.

Baterai NiMH lebih rentan terhadap sindrom sel lemah. Artinya, saat Anda mengisi baterai hingga habis dan kemudian menggunakannya, baterai akan langsung habis. Saat Anda mengujinya, Anda akan mendapatkan informasi yang menunjukkan bahwa baterai sudah terisi penuh. Ini karena beberapa atau semua sel tidak dapat lagi menangani daya. Baterai NiMH cenderung melakukan ini lebih dari jenis baterai lainnya.

Baterai NiMH relatif lebih aman daripada baterai lithium-ion. Memang, sel NiMH lebih terlindungi dari pelarian termal daripada lithium-ion, tetapi tidak sebaik NiCd. Baterai NiMH memiliki fitur keselamatan yang serupa dengan baterai NiCd, tetapi baterai NiMH lebih ramah lingkungan daripada baterai NiCd.

Sumber:

Kelas PLC