Tips Bekerja Dari Rumah Saat Masa Pandemi

Tips Bekerja Dari Rumah Saat Masa Pandemi

Insiderock –┬áDengan kondisi seperti itu, anjuran untuk bekerja dari rumah di masa pandemi tentu saja diperlukan. Pada kenyataannya, tidak hanya dunia kerja yang terkena dampak pandemi, tetapi dunia, dari pendidikan hingga ekonomi, juga mengalami perubahan akibat pandemi COVID-19.

Siswa dituntut untuk belajar dari rumah, begitu juga dengan para pendidik yang harus lebih melek teknologi agar tetap dapat menyampaikan materi secara online. Banyak pedagang mengeluh bahwa mereka tidak memperoleh pendapatan dari peraturan pemerintah yang membatasi aktivitas orang di luar rumah tangga.

Dengan adanya pandemi ini, masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Begitu juga dengan kamu yang harus bekerja dari rumah di masa pandemi ini.

1. Buat jadwal kerja seperti sedang bekerja di kantor

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa bekerja sesuai keinginan. Anda harus selalu berpegang pada waktu kerja Anda agar tidak mengganggu waktu pribadi Anda. Tetapkan jadwal khusus untuk jam kerja Anda. Setelah jam kerja Anda selesai, Anda bebas melakukan apa pun yang Anda inginkan di luar jam kerja.

Dengan cara ini, jam kerja dan jam bebas Anda akan terus bekerja dengan baik.

Lain halnya jika Anda tidak melakukan pekerjaan sesuai dengan jam kerja yang berlaku. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah frustasi akibat jam kerja yang kacau dan mengganggu kehidupan pribadi Anda.

Bekerja dari rumah akan menjadi bumerang jika Anda tidak mengatur waktu dengan baik. Pisahkan jam kerja dan waktu luang Anda sehingga pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda dapat berjalan beriringan.

2. Perhatikan jam kerja

Mungkin ketika Anda bekerja Anda dan perusahaan Anda memiliki jam-jam tertentu untuk menerima perintah untuk melakukan sesuatu. Nah, kamu juga harus memperhatikan waktu, ya. Kelola jam kerja Anda dengan baik untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Periksa juga email atau ponsel Anda selama jam kerja.

Dengan begitu, Anda akan langsung tahu jika ada pekerjaan yang dikirimkan oleh atasan atau rekan kerja Anda. Misalnya, jika jam kerja Anda dimulai pukul 8 pagi, maka pada saat itu Anda harus mulai memantau email dan ponsel Anda.

Atau akan lebih baik jika Anda mengawasinya sebelum jam 8 pagi.

3. Ciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah

Bahkan jika Anda bekerja dari rumah, Anda dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman untuk diri sendiri jika Anda mau. Siapkan ruangan khusus untuk fokus pada pekerjaan. Hindari bekerja di tempat yang sangat rawan gangguan dari keluarga dan orang-orang di sekitar Anda, seperti ruang tamu atau aula.

Akan lebih baik jika Anda menyiapkan ruangan dengan meja dan kursi yang nyaman untuk bekerja. Rancang ruangan dan kantor sesuai keinginan Anda, agar Anda lebih nyaman saat menempatinya.

4. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan

Pastikan ruang kerja Anda bebas dari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan. Misalnya, menonton televisi. Jika Anda adalah tipe orang yang sulit berkonsentrasi, sebaiknya hindari tempat yang terlalu bising.

Anda bisa lebih produktif jika bekerja sendiri di ruang kerja Anda. Tutup pintu Anda untuk meminimalkan kehadiran orang yang tiba-tiba memasuki ruang kerja Anda dan mengganggu konsentrasi Anda.

5. Tetap sediakan waktu untuk makan dan istirahat sepanjang hari

Waktu istirahat di siang hari selalu penting. Anda perlu mengisi ulang energi Anda agar performa Anda bisa kembali ke puncaknya. Jadi, meskipun Anda bekerja dari rumah, Anda perlu meluangkan waktu untuk makan siang.

Manfaatkan waktu istirahat Anda untuk makan siang, peregangan, mendengarkan musik, dan melakukan apa pun yang Anda perlukan. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat hingga melupakan makan siang dan istirahat.

Sumber:

Blitarkota

Gaji Karyawan PT IMIP