Tips Menjaga Keamanan Rumah Sebelum Liburan

Tips Menjaga Keamanan Rumah Sebelum Liburan

Insiderock –¬†Menyambut perayaan akhir tahun, banyak orang yang pergi berlibur bersama keluarga. Ngomong-ngomong, anak-anak sudah putus sekolah, dan orang tua bisa menghabiskan sisa liburan tahunan dengan tenang. Jika liburan keluarga seperti ini, kebanyakan rumah akan tetap kosong. Biasanya rumah kosong menjadi lebih rentan rusak atau bahkan pembobolan.

Dengan demikian, agar Anda dapat menikmati liburan dengan tenang, Anda harus memastikan bahwa keadaan rumah Anda aman untuk ditinggali tanpa penghuni dalam jangka waktu yang lama. Jadi apa yang harus diperiksa? Setidaknya ada 6 bagian rumah yang perlu diperhatikan. Yuk, simak ulasan lengkapnya bersama kami di bawah ini!

1. Cek kondisi atap sebelum hari raya

Akhir tahun berarti curah hujan akan meningkat. Oleh karena itu, pastikan kondisi atap rumah Anda masih kokoh dan tidak ada kebocoran. Kalaupun ada kebocoran atau kerusakan, segera perbaiki! Agar lebih efektif, Anda bisa melapisi plafon dengan cat tahan air agar tidak meresap. Anda tidak menginginkannya, bukan? Ketika Anda kembali dari liburan, Anda kebanjiran dan barang-barang rusak karena terkena air.

2. Periksa pipa dan saluran pembuangan

Pipa air yang bocor juga harus segera diperbaiki. Meski kebocorannya kecil, jika dibiarkan bisa menambah tagihan air Anda. Dalam keadaan darurat, matikan saja pasokan air saat berlibur.

Hal yang sama berlaku untuk saluran air. Sebelum pergi berlibur, bekerja sama dengan anggota keluarga lain untuk membersihkan saluran air. Terutama yang terdapat di area atap dan taman rumah. Saluran pembuangan yang bersih akan memungkinkan air mengalir dengan sempurna sehingga tidak menumpuk di rumah Anda selama liburan dan hari-hari setelahnya.

3. Pasang CCTV sebelum liburan

Berkat kecanggihan teknologi, Anda dapat memantau status rumah Anda setiap saat ketika Anda pergi berlibur hanya dengan menggunakan CCTV dan Internet. Pasang CCTV di dekat pagar dan di berbagai tempat di sekitar rumah, terutama tempat penyimpanan barang berharga. Pilih kamera CCTV sudut lebar.

Selanjutnya, pertimbangkan kemudahan akses rekaman CCTV. Kebanyakan CCTV modern terhubung dengan aplikasi khusus sehingga pemiliknya dapat memantau rumah melalui CCTV melalui smartphone secara real time.

4. Pertimbangkan fitur rumah pintar untuk liburan

Anda juga harus mempertimbangkan untuk memasang fitur rumah pintar di rumah sebelum pergi berlibur panjang. Fitur smart home ini memungkinkan Anda untuk mengontrol berbagai perangkat rumah dari jarak jauh dengan modal internet dan smartphone.

Salah satu fitur yang paling berguna adalah pengontrol lampu. Pada siang hari, matikan lampu eksterior. Sebaliknya, di malam hari, nyalakan lampu. Sehingga Anda bisa menciptakan kesan bahwa rumah ini tidak dibiarkan tanpa penghuni.

5. Perhatikan kondisi listrik dan peralatan Anda

Ada banyak kasus di mana rumah yang pergi berlibur mengalami korsleting listrik. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran. Sebagai tindakan pencegahan terhadap kebakaran atau korsleting, periksa kondisi listrik rumah. Misalnya, memeriksa apakah kabel putus atau berisiko terciprat air.

Pada hari keberangkatan berlibur, cabut perangkat elektronik yang tidak perlu. Dari televisi, blender, AC, water heater, dll. Jika Anda akan berlibur panjang, sebaiknya cabut steker kulkas dan gunakan bahan-bahan yang tersisa dari malam sebelumnya.

6. Ucapkan selamat tinggal pada furnitur usang

Ketika kita pulang dari liburan, kita semua ingin beristirahat dengan tenang dan nyaman untuk mendapatkan kembali energi kita. Namun, apa jadinya jika waktu istirahat terganggu karena furnitur yang digunakan sudah tua dan rusak? Alih-alih istirahat, Anda harus mencari furnitur baru.

Jadi, sebelum Anda pergi, Anda juga harus memeriksa furnitur yang sudah usang dan perlu diganti. Terutama di ruang tamu dan kamar tidur karena kedua area ini paling banyak digunakan untuk istirahat.

Sumber:

Rumarumi.com